Kamis, 13 Desember 2018

Dampak Inflasi pada Pengangguran


TERJADIYA INFLASI AKAN BERDAMPAK PADA PENGANGGURAN,
BENARKAH ???
Oleh    : Andriansyah Sulistyo Maulana
Kelas/NIM      : Ekis 2017 B/ 17081194018


Menurut (Amri, 2008) bahwa kondisi perekonomian dalam suatu Negara dapat dikatakan dalam kondisi yang baik apabila pertumbuhan ekonomi Negara tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Namun adanya pertumbuhan ekonomi juga dapat meningkatkan kemiskinan jika pertumbuhan tersebut tidak diikuti dengan peningkatan kesempatan kerja yang luas (Tambunan, 2001).  Apabila kesempatan kerja dalam suatu Negara kecil maka akan mempengaruhi tingkat pengangguran yang ada, menurut (Soemitro, 1994) permasalahan negara-negara berkembang yakni adanya pengangguran dapat menghambat pertumbuhan ekonomi. Selain itu adanya inflasi juga merupakan permasalahan moneter yang dialami oleh berbagai Negara di dunia ini.

Pengertian Pengangguran
Seseorang yang sedang mencari pekerjaan dalam empat minggu terakhir dan masih belum memiliki pekerjaan (Kaufman dan Hotchkiss, 1999). Hal ini dapat terjadi dikarenakan antara jumlah angkatan kerja yang siap bekerja dengan jumlah permintaan pekerjaan yang ditawarkan tidak seimbang.

Pengertian Inflasi
Inflasi adalah kenaikan harga dalam perekonomian yang dapat mempengaruhi harga satu dengan yang lain (Fajar, 2013). Menurunnya pertumbuhan ekonomi salah satu faktornya diakibatkan oleh tingginya inflasi pada suatu Negara, sehingga akan meningkatkan jumlah pengangguran (Fajar, 2013).

Peran Pemerintah Dalam Mengatasi Inflasi dan Pengangguran
Pemerintah mengeluarkan ataupun menetapkan kebijakan fiskal dan moneter dalam mengatasi inflasi dan pengangguran di Indonesia.

1.      Kebijakan Fiskal
Upaya yang bertujuan mepengaruhi pengeluaran agregat dalam perekonomian dengan membuat perubahan dalam bidang perpajakan serta pengeluaran pemerintah (Indriayu, 2009).
2.      Kebijakan Moneter
Upaya yang bertujuan untuk memengaruhi pengeluaran agregat dengan melalui bank sentral untuk mempengaruhi penawaran uang dalam perekonomian atau mengubah suku bunga (Indriayu, 2009).

Kesimpulan dan Opini
Dari hasil pemaparan diatas dapat dikatakan bahwa inflasi sendiri adalah meningkatnya harga-harga barang secara drastis dimana yang dimaksud kenaikan harga bukan berarti satu atau dua berang saja, melainkan beberapa banrang yang memicu timbulnya kenaikan harga pada barang secara keseluruhan, seperti naiknya harga BBM yang berdampak pada transportasi barang-barang yang didistribusikan kedaerah lain mengalami kenaikan pula.

Bagaimanakah dengan pengangguran???
Pengangguran adalah sekumpulan orang yang sudah siap untuk bekerja dan memiliki kemampuan tetapi karena kesempatan kerja yang diberikan tidak seimbang dengan jumlah tenaga kerja maka golongan yang tidak mendapatkan pekerjaan tersebut dapat dikatakan sebagai pengangguran.

Apakah adanya Inflasi dapat mengakibatkan naiknya jumlah pengangguran???
Berdasarkan teori diatas, memang benar bahwa inflasi dapat berpengaruh pada pengangguran, akan tetapi adanya Inflasi yang dialami oleh suatu Negara dapat mengakibatkan naiknya jumlah pengangguran apabila kondisi inflasi yang terjadi berada pada tingkatan Hyperinflation. Dimana presentase inflasi pada suatu Negara mencapai 100% atau lebih. Karena pada saat tersebut kondisi suatu Negara mengalami kesenjangan harga yang sangat tinggi dan tidak sebanding dengan pendapatan yang tetap.

Tenaga kerja yang dirugikan dari adanya inflasi yakni orang yang berpendapatan tetap dan juga orang yang memiliki kekayaan dalam bentuk  jumlah uang kas. Karena uang yang disimpan dalam bentuk kas sifat nominalnya akan jatuh pada saat suatu Negara mengalami inflasi yang tinggi. Dan juga pihak tenaga kerja yang diuntungkan dalam adanya kenaikan inflasi yang tinggi adalah, tenaga kerja yang mendapatkan kenaikan pendapatan yang melebihi dari jumlah inflasi yang ada, serta seseorang yang menabung keseluruhan kekayaannya di Bank.

Jika kondisi inflasi yang dialami oleh suatu Negara berada pada titik yang rendah atau stabil maka tidak akan memberikan dampak secara langsung pada peningkatan jumlah pengangguran, melainkan dapat mendorong perkembangan perekonomian. Dimana akan meningkatkan jumlah lapangan kerja dan dapat menurunkan angka pengangguran.



DAFTAR PUSTAKA

Amri, Amir. 2008. “Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran di Indonesia”. Jambi: FE. Universitas Jambi.
Fajar. 2013. “Pengaruh Inflasi dan Upah Terhadap Pengangguran di Indonesia Periode Tahun 1980-2010”. Malang: FEB Universitas Brawijaya.
Indriayu, Mintasih. 2009. “Ekonomi Pebangunan”. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Kauffman, Bruce., Julie Hotchkiss. 1999. “The Economic of Labor Market”. Fifth Edition, USA: The Dryden Press, Harcourt College Publiser.
Soemitro, Djojohadikusumo. 1994. “Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan Dan Ekonomi Pembangunan”. Jakarta: LP3ES.
Tambunan, Tulus. 2001. “Perekonomian Indonesia”. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar