Kamis, 13 Desember 2018

UANG menurut ISLAM


UANG DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Di dalam ekonomi Islam konsep uang berbeda dengan ekonomi konvensional. Jika di ekonomi konvensional uang diartikan secara tidak jelas atau bolak balik, yaitu uang sebagai uang dan uang sebagai kapital. Lain hal di ekonomi Islam, konsep uang dalam ekonomi Islam sangatlah jelas dan tegas bahwa uang diartikan sebagai uang bukan kapital. Di ekonomi Islam uang itu bersifat flow concept dan capital adalah suatu yang bersifat stock concept.
Adapun perbedaan antara konsep uang dalam Islam dengan konvensional:
1.       KONSEP KONVENSIONAL
·         Uang tidak identik dengan modal
·         Uang adalah public goods
·         Modal adalah private goods
·         Uang adalah flow koncept
·         Modal adalah stock concept

2.       KONSEP ISLAM
·         Uang sering kali diidentikkan dengan modal
·         Uang (modal) adalah private goods
·         Uang (modal) adalah flow concept bigi fisher
·         Uang (modal) adalah stock concept bagi cambridge school

Al-Ghazali dan Ibn Khaldun mendefinisikan uang. Menurutnya uang adalah alat yang digunakan manusia, menurutnya uang itu sebagai ukuran nilai harga, media transaksi pertukaran, dan media simpanan.
·         Uang sebagai ukuran harga
Abu Ubaid (w. 224 H)  pernah menyatakan bahwa dirham dan dinar adalah nilai harga sesuatu sedangkan segala sesuatu tidak bisa menjadi nilai harga keduanya
·         Uang sebagai media transaksi pertukaran
Di suatu negara yang sudah menetatapkan suatu hukum yang bahwasanya uang dijadikan sebagai media transaksi pertukaran, dalam arti uang digunakan dalam sehari-hari jual beli dan sudah merupakan alat yang sah
·         Uang sebagai media simpanan
Allah SWT menciptakan dua dari barang tambang, emas, dan perak, sebagai nilai untuk setiap harta. Dan dua jenis barang tersebut sering dijadikan simpanan dan perolehan oleh orang-orang di dunia.

Pada zaman sekarang ini uang seakan-akan sudah menjadi hal yang paling utama dalam hidup. Bagaimana tidak, untuk melakukan segala sesuatu kita pasti membutuhkan yang namanya uang, hampir di segala aktifitas membutuhkan uang. Untuk mencari uang pun untuk sekarang bisa dikatakan sangatlah susah, tak jarang banyak orang orang yang sudah putus asa atau lelah mencari uang demi melanjutkan hidup rela menghalalkan segala cara untuk mendapatkan banyak uang, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan para pejabat. Hal ini jelas tidak diperbolehkan dalam islam, di dalam Islam sendiri kita diajarkan untuk mencari kekayaan atau menjadi kaya tapi tidak dengan tujuan sombong ataupun pamer. Jika kita mempunyai banyak harta maka kita bisa membantu saudara kita yang kurang mampu.
Uang menurut Islam sendiri hanyalah sebuah kertas yang digunakan untuk media transaksi penukaran barang atau digunakan untuk transaksi jual beli di kehidupan sehari hari. Karena jika transaksi penukaran barang masih menggunakan sistem barter itu akan memiliki banyak kekurangannya, salah satu contoh nya mungkin ketimpangan dari barang tersebut. Hal ini termasuk dalam fungsi uang yaitu money of exchange.


DAFTAR PUSTAKA
Adiwarman A Karim. 2007. Ekonomi Makro Islam. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta

PRIMA RIZKY JUDHISTIRA
17081194038


0 komentar:

Posting Komentar