Rabu, 12 Desember 2018

PENGARUH INFLASI TERHADAP PENGANGGURAN



PENGARUH INFLASI TERHADAP PENGANGGURAN

Oleh: Annisa Dwi Lestari/17081194058
Ekonomi Islam 2017B


A.INFLASI
1.    Pengertian Inflasi
Inflasi secara umum dapat diartikan sebagai naiknya harga barang dan jasa dengan terus menerus selama periode tertentu. (azis septiatin dkk,2016.hal.51). Menurut kaum klasik dalam jurnal Ario Wicaksono (2010), mengemukakan bahwa penyebab dari inflasi adalah jumlah uang yang beredar bertambah yang tidak signifikan.
Pengertian Inflasi juga dicetuskan oleh tokoh besar Islam yaitu Al-Maqrizi, dalam buku Adiwarman A. Karim, beliau mendefinisikan Inflasi sebagai suatu fenomena sejak zaman dahulu hingga sekarang, dimana harga-harga barang dan jasa cenderung naik secara terus menerus pada periode tertentu, sedangkan persedian barang menipis sehingga terjadi kelangkaan namun konsumen sangat membutuhkan barang tersebut yang menyebabkan mereka mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
2.    Penyebab Terjadinya Inflasi
Menurut Al-Maqrizi dalam buku Adiwarman A. Karim, penyebab terjadinya inflasi karena dua faktor yaitu:
a.    Faktor Alamiah
Inflasi disebabkan karena faktor alam, misalnya bencana alam. Sehingga setelah bencana membuat kondisi alam menjadi rusak yang membuat masyarakat mengalami kesulitan dalam memperoleh kebutuhan pangan dan lainnya sebagai penunjang kehidupan. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan kelangkaan dimana persediaan barang menurun karena bencana sedangkan kebutuhan masyarakat tetap ada. Hal ini akan membuat masyarakat mendesak pemerintah untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapinya dan membuat pemerintah mengeluarkan  uang dengan jumlah besar yang membuat perbendaharaan Negara membengkak sehingga mempengaruhi kegiatan ekonomi, sosial, maupun politik.
            Berdasarkan penyebabnya inflasi alamiah dapat digolongkan  menjadi dua antara lain sebagai berikut:
1)  Akibat pemasukan dari luar negeri terlalu besar, dapat terjadi ketika nilai ekspor lebih besar daripada nilai impor sehingga permintaan agregat akan bertambah (AD).
2)    Akibat produksi yang menurun (AS), yang disebabkan karena terjadi krisis, perang ataupun embargo.
b.    Faktor Kesalahan Manusia
Selain karena faktor alam Al-maqrizi menyatakan bahwa inflasi juga disebabkan karena ulah manusia, diantaranya adalah korupsi dan pengelolaan administrasi yang buruk, pajak yang berlebihan dan sirkulasi uang fulus yang meningkat.
B.   PENGANGGURAN
Pengangguran adalah penduduk yang memasuki usia kerja namun tidak bekerja atau belum mendapat pekerjaan. Sedangkan menurut Sadono Sukirno pengangguran adalah seorang yang masuk angkatan kerja dan sedang mencari pekerjaan namun belum mendapat pekerjaan.
C.   Pengaruh Inflasi terhadap Pengangguran
Jika terjadi inflasi maka biaya produksi akan naik sehingga perusahaan akan mengurangi jumlah tenaga kerja demi mengurangi biaya produksi dengan melakukan PHK secara besar-besaran. Hal ini mengakibatkan jumlah pengangguran bertambah.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah harus menekan tingkat inflasi agar perekonomian Indonesia tidak terguncang karena pengangguran bertambah. Jika dibiarkan terus menerus akan berakibat krisis ekonomi. Pemerintah dapat mengatasi inflasi dengan cara mengeluarkan kebijakan moneter dan fiskal untuk menekannya. Sehingga perekonomian tetap stabil yang akan membuat investor tertarik untuk berinvestasi dan membuka lapangan pekerjaan di Indonesia. Dengan begitu pengangguran dapat berkurang.


DAFTAR PUSTAKA
Septiatin, Azis dkk.2016. Pengaruh Inflasi dan Tingkat Pengangguran Terhadap
Petumbuhan Ekonomi di Indonesia. Vol.2. No.1
A.Karim, Adiwarman.2004. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo
Persada.
Sukirno, Sadono. 2006. Makro ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo
Persada.
Wicaksono Ario.2013. Analisis Pengaruh Inflasi Terhadap Tingkat Pengangguran
Di Indonesia Tahun 2002-2010. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal.2.


0 komentar:

Posting Komentar